-->

Apa itu, PLUR.??

PLUR menurut KAKA

Waktu main ke web resmi band favorit saya ( Slank pastinya ) saya ngeliat Kaka sang vokalis ngeposting arti kata P.L.U.R.

Para Slankers mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata PLUR karena selain menjadi judul lagu dan nama album (2004) kata tersebut telah menjadi menjadi jargon Slank untuk "mendamaikan" republik ini dengan Virus PLUR-nya.


Berikut arti PLUR dari seorang Kaka Slank..

PEACE : Letting go of fear and living at Peace with oneself,one another,and the world for a greater good.

LOVE : as one learns to love oneself,one is able to love everyone else unconditionally.

UNITY : a mutual,corporate b
ond is formed resulting from the love and peace experienced with one another.

RESPECT : because of peace,love and unity,one can accept others regardless of their beliefs or background.


PLUR adalah sebuah singkatan dari kata Peace,Love,Unity & Respect.Kenapa gw tau ini,karena gw punya kaset asli album slank yg ini.Dan gw juga sering dengerin lagu ini,dan dalam lagu slank itu gw jadi tau,bahwa arti PLUR yg di lagu Slank itu adalah Peace,Love,Unity & Respect..Kalo di translate ke bahasa indonesia menjadi Damai,Cinta,bersatu dan menghargai.
Seperti biasanya Slank dalam membuat suatu lagu slalu ada pesan pesan moral di dalamnya untuk para slankers atau orang",walaupun kalo di lihat dari penampilan,personil dari grup slank ini sangat slengean dan rocker abis,tapi bukan berarti jiwa mereka demikian,bnyak yang mengakui bahwa hasil karya musik slank sangat bagus dan bnyak di sukai.Dari mulai kalangan orang kecil,sampe selebritis bnyak menyukai karya slank,yg tampil apa adanya,polos dan jujur.
Kembali lagi ke kata PLUR..Dalam lagu ini Slank mencoba memberikan pesan moral kepada yang mendengarnya melalui karya musik ala mereka.
Yang Pertama yaitu kata 'PEACE' yg berarti Damai.Pada saat lagu ini di buat, di negeri ini lagi rame"nya perang antara GAM(Gerakan Aceh Merdeka) dan TNI(Tentara Negara Indonesia),entah apa yang d perebutkan oleh mereka?Padahal kan sama" ada di negara Indonesia tercinta,tapi mereka suka banget tembak"an,bunuh"an,padahal kan lebih enak damai,tentram..'hidup tenang gak ada perang,makan kenyang ngapain ribut?'..Hehe.
Nah dengan kata Peace ini,slank lewat karya mereka menyerukan kepada seluruh rakyat indonesia dari sabang sampai meroke untuk selalu damai,hentikan tembak"an.Kita harus ingat lagi dengan kata "Bhineka Tunggal Ika,Berbeda beda tetapi Satu tujuan" yaitu untuk menjaga utuh Negara kesatuan Republik Indonesia..
Nah yang kedua adalah kata 'LOVE' yang berarti 'CINTA',Dengan kata Cinta ini bukan berarti cinta hanya sama pacar dan pasangan hidup saja ya,Tapi Cinta ini yang berarti luas yaitu mencintai sesama manusia,mencintai alam dan mencintai hewan.Karena kita selaku manusia harus tahu bahwa kita hidup di dunia membutuhkan alam yang indah,yang sehat,yang bersahabat.Begitupun dengan hewan,manusia sangat membutuhkan kedua hal tsb selama hidup di dunia,makanya dari itu 'CINTA' dalam lagu slank itu mengajak kita untuk selalu mencintai sesama manusia,alam dan makhluk lain,karena kita sama" ketergantungan.Pasti agan" ngerti dg maksud ane tsb.
Nah yang ketiga adalah kata "UNITY"yg berarti BERSATU.bukan kah dulu bangsa kita pernah terpecah belah karena di adu domba oleh kumpeni,dan kita selama kurang lebih 350 tahun kita di jajah oleh belanda.Tapi dengan kembalinya rakyat indonesia bersatu akhrnya bangsa penjajah bisa di usir dari ibu pertiwi,dan bangsa kita Merdeka sampai saat ini.Nah dalam kata Unity ini,SLANK memberikan pesan kepada seluruh rakyat indonesia untuk selalu bersatu,biar negara kita tidak kembali di jajah.
Dan yg keempat adalah "RESPECT" yg berarti MENGHARGAI..Negara kita adalah negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampe Meroke.
Negara kita terbentuk dari bermacam macam adat istiadat,suku dan agama,yang bersatu di bawah naungan Pancasila Dan Bhineka Tunggal Ika,berbeda beda tetapi 1 tujuan..maka dengan kata Respect Yg di maksud di lagu slank tsb,slank mengajak kita untuk slalu menghargai perbedaan yang ada.Karena kita smua ini saudara dan tujuan kita sama yaitu INDONESIA.
Jadi lewat karya musik mereka,Slank mengajak kepada kita untuk selalu menjaga rasa damai di kehidupan kita dengan cara mencintai sesama tak memandang suku,ras ataupun agama agar kita selalu bersatu dan saling menghargai satu sama yang lainnya di negara kesatuan Republik indonesia yg kita cintai ini,yang dulu di perjuangkan oleh para pahlawan dengan taruhannya nyawa,kemerdekaan ini bukan hadiah atau hibah.
Nah itu arti Kata PLUR yang ada di lagunya SLANK menurut ane..Dan mudah"an PLUR Yang di bikin lagu sama SLANK juga mempunyai arti dan tujuan yang sama,walau gak sama percis ya sedikit sama jg gak apa",yang penting artinya sama" positip..Kagak negatip.
Nah kalo menurut ente" apa arti PLUR itu?

Filosofi PLUR (SLANK)
Posted by Taufik Adiluhur on 08:26 AM, 14-Jul-12 • Under: CORETAN DINDING , MUSIKLOPEDIA
Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Sobat Adiluhur, mungkin diantara sobat ada yang menganggap bahwa judul di atas adalah tentang PLURALISME yaitu paham yang beranggapan bahwa semua agama adalah sama, yang menganggap bahwa Tuhan yang kami sembah adalah sama seperti Tuhan yang kalian sembah. Tapi PLUR diatas bukan yang itu sob, karena kita sebagai muslim tau kalau paham Pluralisme agama tidak dibenarkan dalam Islam walaupun dalam pandangan Islam, sikap menghargai dan toleransi kepada pemeluk agama lain adalah mutlak untuk dijalankan (Pluralitas). Namun bukan berarti beranggapan bahwa semua agama adalah sama (pluralisme). Solusi Islam terhadap adanya pluralisme agama adalah dengan mengakui perbedaan dan identitas agama masing-masing (lakum diinukum wa liya diin).
slank1.jpg
Kembali ke topik utama. Kata PLUR yang menjadi judul artikel ini adalah sebuah jargon dari grup musik SLANK dan para penggemarnya yang dijuluki Slanker. PLUR merupakan sebuah singkatan dari 4 buah kata dalam bahasa Inggris yaitu Peace (damai), Love (cinta/kasih sayang), Unity (persatuan) dan Respect (menghargai). Sobat pecinta musik Tanah Air pasti paham tentang grup musik paling eksis di ranah musik Indonesia ini. Namun bukan Grup musiknya yang akan saya bahas disini melainkan jargonnya.
Peace
Di dalam kamus kita temukan artinya adalah damai. Sudah barang tentu ini adalah hal yang dielu-elukan oleh hampir semua umat manusia dimuka bumi ini, kecuali orang gila dan tidak waras yang tidak menginginkan kedamaian dalam hidup. Begitu juga para punggawa SLANK, mereka menginginkan adanya kedamaian diatas bumi ini terutama di bumi pertiwi tempat kita tinggal ini. Melalui pesan ini diharapkan para slanker dan semua masyarakat Indonesia bisa hidup damai saling berdampingan tanpa mengusik hal dan kewajiban masing-masing.
Love
Cinta/kasih sayang, manusia hidup tidak keras dari rasa cinta dan kasih sayang. Kita lahir juga merupakan buah dari cinta dan kasih sayang orang tua kita. Setelah bisa hidup dengan damai dan saling berdampingan tentunya akan tumbuh perasaan cinta dan kasih sayang yang akan mewarnai kehidupan ini. Dari mana kita bisa memulainya? Tentunya pertama adalah dari diri kita sendiri. Belajarlah untuk mencintai diri kita sendiri dengan bijak, setelah itu tanamkan para tersebut pada orang-orang yang ada disekitar kita
Unity
Persatuan. Iya, persatuan seluruh lapisan masyarakat. Entah itu pejabat, rakyat, kaya, miskin. Setelah Peace (perdamaian) dan Love (cinta kasih) berhasil tertanam dalam diri manusia tentunya akan terbentuk sebuah persatuan (ukhuwah) sehingga tidak ada lagi yang namanya perang saudara, GAM, OPM, RMS, NII dan lain sebagainya yang berupaya memecah belah NKRI ini. Dengan merasa bahwa sejatinya kita adalah satu, satu nusa, satu bangsa, satu bahasa walaupun terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, agama dan ras kita akan mampu menjadikan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar yang akan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia. Bukankah itu merupakan salah satu cita-cita luhur negara kita yang telah termuat dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika?
Respect
Tidak akan pernah terwujud ketiga hal diatas tanpa kita respect (menghargai) segala perbedaan yang ada. Menghargai hak dan kewajiban sesama, menghargai hasil karya orang lain, menghargai adanya perbedaan pendapat dan sebagainya. Ini merupakan kunci untuk membangun sebuah perdamaian yang penuh cinta kasih untuk mewujudkan sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Ini sehingga tidak mudah rapuh oleh serangan entah itu yang datang dari dalam maupun dari
Namun sayangnya hal itu sangat sulit terwujud jika melihat kondisi bangsa kita yang seperti sekarang ini. Lebih parahnya lagi, masih banyak diantara mereka yang mengaku Slanker tidak memahami apa makna dari kata PLUR tersebut.
Itu pemahaman makna PLUR versi saya, tentunya setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda dalam mengartikan sebuah kata.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Apa itu, PLUR.??"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel